Selasa, 28 Mei 2013

Adventure TIPS: PERSIAPAN SEBELUM TOURING...Cekibroottt!! :.

Buseettt daah..lagi touring lupa bawa HP, lupa pasang kampas rem, apalagi kalo sampai lupa pake celana..rempong ya khan!!

ilustrasi: Samarinda Thunder Club

Buat sobat Bikers..ada beberapa tips "Persiapan Sebelum Touring" yang bisa berguna agar saat dijalan kita tidak memiliki kendala yang berarti..ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi saya yang doyan touring..semoga berguna buat sobat bikers semua..cekibroottt ^_^.v


Begini ceritanya.: 
  • Minimal pada "H-1" sebelum keberangkatan, lakukanlah check-up kondisi kendaraan anda, pastikan kondisi mesin, kelistrikan, kaki-kaki sepeda motor dalam kondisi siap touring. Jika perlu buatlah check list spare part yang perlu diganti / diperbaiki saat servis atau perawatan di bengkel terdekat. Ini untuk menghemat waktu dan biaya yang anda keluarkan saat servis. Jangan lupa siapkan kunci / Tool kit yang diperlukan.
Awas bisa tekor bandar..hehe :D
Permisi om..bisa tambah angin ban gak??
  • Periksalah kelengkapan surat-surat & fungsi panel instrumen motor anda pastikan dalam kondisi baik (misal: lampu sign, lampu besar, lampu dim, lampu senja dan lampu rem, spion, speedomoter, fuel meter).
  • PERSIAPAN PAKAIAN & BARANG PRIBADI
Setelah kita menghitung waktu & jarak tempuh, maka selanjutnya kita mempersiapkan pakaian dan perlengkapan pribadi. Pastikan jumlah pakaian disesuaikan dengan lama perjalanan (misal: 1 hari = 1 setel pakaian = 1 baju / 1 celana / 1 celana dalam). Selanjutnya kita persiapkan barang pribadi (misal: sabun mandi, shampo, deodoran, handuk, celana dalam, pembalut, dll). Perlengkapan komunikasi & informasi (misal: Handphone, Charger, powerbank, GPS, Peta). Agar tidak lupa sebaiknya kita buat check list barangnya.
  • PERSIAPAN SAFETY GEAR
Sebelum berangkat sebaiknya kita gunakan peralatan safety gear untuk menunjang keselamatan (misal: Helm, Jaket Touring, Sarung Tangan, Sepatu, Protektor Siku/Lutut, Protektor dada & punggung, Jas hujan). 
Jangan gunakan jas hujan model ponco / batman..karena anda bukan superhero.. ^_^
Jas hujan model Ponco rawan menyebabkan kecelakaan

Jas hujan model Ponco rawan tersangkut kendaraan lain.

  • PERSIAPAN OBAT & P3K
Persiapkanlah obat-obatan untuk pertolongan pertama saat kecelakaan. Jangan lupa, siapkan obat pribadi anda. Gak perlu bawa viagra karena anda lagi nunggang motor, bukan istri..hihi. :P
Perlengkapan Obat & P3K.
  • Pada hari "H" keberangkatan, hindarilah makan makanan yang pedas dan asam, karena dapat menyebabkan sakit perut dan kurangilah konsumsi makanan / minuman yang tinggi gula karena akan menyebabkan anda mengantuk. Pastikan anda cukup tidur dan kondisi tubuh fit..ingat, ini faktor utama kecelakaan!!

Makanan super pedas enak di mulut, sakit di perut..wkwkwk
  • Sebelum berangkat, lakukanlah pemanasan dan perenggangan tubuh, hal ini perlu untuk melatih keseimbangan dan reflek tubuh saat berkendara. Dan kondisikan riding Posture tubuh anda sesuai dengan cara anda berkendara. Ini untuk mendukung relaksasi dan kenyamanan anda.
Awas..jangan terus tidur, ntar anda bisa ditinggal rombongan.. -_-"
  • Hindarilah pemakaian gadget (misal, headset/earphone) untuk memainkan musik dan memutar lagu terlalu keras hingga mengurangi pendengaran disekitar anda. Ini dapat mempengaruhi psikologis & emosional anda yang dapat menyebabkan kecelakaan. Jika harus mengangkat telpon / SMS, anda wajib harus menepi dan berhenti.
Gak mau tau, pokoknya harus berhenti!!
Beiib..ntar tungguin eike' ya di kuburan sebelah..Oh..tidaakkk.. O_O"

  • Setelah berkendara maksimal 2 jam non-stop, sebaiknya anda beristirahat sejenak +/- 15 menit, minumlah air putih dan lakukan lagi pemanasan & perenggangan sebelum melanjutkan perjalanan.
  • Jika anda mengantuk, baiknya anda tidur / baring sejenak agar tubuh kembali relak. Tidur 5 menit jauh lebih baik daripada anda tidur selamanya (modiyaarrrr)..hehe
    Ini orang ngapain ya????
  • Taatilah prinsip-prinsip dalam safety riding. Ingat nyawa anda tidak dapat dibeli & keluarga anda menuggu dirumah..!!

Keep calm & safety ride..be a smart Bikers Bro ^_^.v

Penulis: Iwan ErSyah "Samarinda Thunder Club_029"

2 komentar: