Jumat, 20 Desember 2013

Adventure SAFETY: BLIND SPOT..apakah itu?? Sobat Bikers seharusnya paham..

BLIND SPOT atau titik buta, merupakan "human factor" yang sering menyebabkan kecelakaan. Bagi seorang Bikers, jangan sampai Mas Bro mencium tanah air karena jatuh dari motor akibat Blind Spot..nah, apa itu Blind Spot dan kenapa penting untuk dipahami?? silahkan dicocol artikel berikut ini..cekibroottt..

Salah satu situasi yang paling berbahaya yang sering dialami Bikers, bahwa Mas Bro berada di dalam jalur yang akan segera diambil alih oleh mobil, truk atau kendaraan besar lainnya. Banyak bikers menghabiskan terlalu banyak waktu di area "Blind Spot" kendaraan, namun tidak menyadari bahaya mereka berada diarea tersebut (area yang tidak tercakup oleh cermin pada mobil atau truk). Dalam hal melihat daerah Blind Spot ini, sopir harus selalu mengaktifkan pandangannya untuk memeriksa apa yang ada di area blind spot mereka. Sayangnya banyak sopir di luar sana tidak mau repot-repot untuk memeriksa blind spot mereka (mereka hanya menggunakan sekilas cermin mereka) sebelum mendahului atau merubah jalur. 

Area kotak-kotak merupakan daerah Blind Spot

Diagram 2.1. menunjukkan di mana titik-titik buta (Blind Spot) yang terletak pada sebuah mobil. Ini adalah tempat di mana Mas Bro tidak harus menghabiskan banyak waktu. Cara termudah untuk mengetahui apakah Mas Bro berada di area blind spot kendaraan adalah untuk melihat ke dalam cermin mobil / truk didepan anda, jika Anda tidak dapat melihat wajah pengemudi (sopir)...Tebak apa? berarti Mas Bro berada di area blind spot-nya. Ini berarti bahwa Mas Bro tidak terlihat oleh pengemudi mobil didepan, kecuali mereka berpaling kepala dan memeriksa blind spot mereka sebelum membuat perubahan jalur / bergerak .


Area Blind Spot ketika mendahului Truk
Diagram 2.2. menunjukkan di mana titik-titik buta (Blind Spot) yang terletak di sebuah truk besar. Perhatikan bahwa bintik-bintik buta pada sebuah truk yang jauh lebih besar daripada mobil, terutama tempat yang terletak tepat di belakang trailer. Daerah ini memanjang sekitar 200 meter. Anda bisa bayangkan betapa mudahnya untuk sesuatu yang kecil seperti sepeda motor tidak akan terlihat dibelakang truk. Hal terbaik untuk pengendara yang harus dilakukan adalah untuk menjaga jaraknya ketika dibelakang truk. Jika pengendara mengikuti terlalu dekat di belakang truk, seberapa jauh pandangan lalu lintas di depan yang dapat terlihat? Jawabannya, jelas tidak terlalu jauh!

Sekarang Mas Bro tahu apa yang dipikirkan, ketika Mas Bro berkendara di lalu lintas yang padat tidak mungkin tidak berada di area blind spot seseorang. Jadi apa yang dapat Mas Bro lakukan? Ketika menyalip / mendahului di samping kendaraan lain, Mas Bro harus memposisikan diri sedikit di depan atau cukup jauh di belakang sehingga Mas Bro dengan mudah dapat terlihat oleh pengemudi didepan. 


Diagram 2.3. menunjukkan bagaimana Bikers dapat melewati blind spot kendaraan lain. Sebagai Bikers mulai melewati mobil di sebelah kiri, Mas Bro juga bergerak ke sisi kanan jalan, membuat ruang jarak dengan kendaraan didepan sebelum memutuskan untuk berpindah jalur. Setelah lewat, Mas Bro kemudian kembali ke sisi kiri jalur atau posisi blocking-nya.

Menjaga jarak aman saat mendahului di area Blind Spot
Sebuah kesalahan umum bahwa beberapa Bikers membuat mereka tidak sengaja berpindah jalur ke area blind spot kendaraan lain. 

Jalur Biru (B) Merupakan area bebas Blind Spot
Diagram 2.4 kita melihat bahwa jika Bikers mengambil jalur kuning (A), kemudian dia mendahului langsung ke mobil #1 di area Blind Spot. Jika sopir yang memutuskan untuk berpindah jalur maka Bikers mungkin berada dalam kesulitan besar. Perhatikan, bahwa dengan mengambil jalur biru (B) Bikers akan keluar dari area blind spot mobil #1. Sebagai Bikers pendekatan pada mobil #2, Mas Bro tetap dalam area pandangan cermin sopir kendaraan didepan selama mungkin. Ketika tiba saatnya untuk lolos dari mobil didepan, Mas Bro bergerak ke sisi kiri jalan dan menciptakan ruang / jarak aman saat menyelip / mendahului.

Seperti yang telah saya katakan sebelumnya hampir tidak mungkin kita tidak berada dalam area Blind Spot seseorang ketika Mas Bro berkendara dijalanan atau jalan raya yang sibuk. Kuncinya adalah untuk tidak menghabiskan banyak waktu di sana. Dan ketika Anda harus melewati blind spot melakukannya secepat dan seaman mungkin.

Demikian sekilas dasar-dasar Safety Riding dalam berkendara..Semoga Bermanfaat..

Keep Safety Riding..Be a Smart Bikers..Mas Bro..

Sumber: http://www.motorcyclebasics.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar