Jumat, 20 Desember 2013

Adventure TIPS: Perawatan Motor Harian..silahkan dicocol Mas Bro.. ^_^

Mas Bro..Seiring dengan kemajuan zaman dan teknologi saat ini kendaraan bermotor memenuhi jalan.Sehingga menyebabkan kemacetan hampir di semua kota. Hal ini di pengaruhi oleh kebutuhan transportasi yang mobile, selain harganya yang relatif murah daripada mobil. Dengan kemajuan teknolgi mesin motor yang semakin maju, saat ini sepeda motor juga kuat untuk perjalanan lintas propinsi. Namun terkadang seseorang Bikers lalai memperhatikan motor karena kesibukan akan kegiatan masing-masing orang. Bagi Mas Bro yang memiliki sepeda motor maka meluangkanlah sedikit waktu Mas Bro untuk merawatnya, agar biaya perawatan yang lebih tinggi dapat terhindarkan.

Jika ingin motor milik Mas Bro lebih awet mesinnya sehingga tidak banyak mengeluarkan biaya banyak untuk perawatan, berikut tips merawatnya.

1. Jika membeli sepeda motor baru

Jangan digunakan untuk membawa beban terlebih dahulu minimal sampai 500 KM pertama, ini penting karena oli masih lebih cepat bercampur dengan serpihan logam akibat gesekan komponen mesin. Cobalah untuk menjalankan sepeda motor pada kecepatan yang stabil dari pelan-pelan sampai kecepatan maksimal agar mesin tahan untuk jangka panjang. Manfaatkanlah perawatan gratis yang di berikan oleh dealer dimana Mas Bro membeli sepeda motor. Umumnya diberikan gratis servis dan ganti oli 3 kali jalan. Pertama pada KM 500, kedua pada KM 1000 dan ketiga pada KM 2000. Itu bukan hanya sebagai bonus, namun untuk menjaga usia mesin untuk jangka panjang. Belum tentu motor baru tidak memiliki kesalahan sama sekali dalam perakitannya, maka diperlukan pengecekan segera setelah 500 KM pemakaian pertama, untuk mengetahui kemungkinan adanya kesalahan.

Niihh..Jeroan komponen sepeda motor Mas Bro..
Tips: Khusus sepeda motor bermesin 4 Tak, jangan lupa tuangkan sedikit oli ke dalam lobang knalpot. Hal ini agar knalpot orisinil motor Mas Bro lebih awet karena tidak mudah keropos.

2. Perawatan berkala (tune up)

Tune-up perlu dilakukan untuk mengetahui kemungkinan adanya beberapa komponen yang tergores (aus). Sehingga setelan mesin bisa berubah akibat keausan yang terjadi pada beberapa komponen mesin tertentu. Untuk itu harus dilakukan penyetelan ulang dengan tune-up ke bengkel resmi. Debu debu dan kotoran yang terhisap oleh karburator dan mengendap akan mempengaruhi kinerja mesin,dan akan sekaligus dibersihkan saat tune-up.

Service sesuai petunjuk perawatan di bengkel resmi
Mengenai kapan waktu ideal untuk tune-up, lakukanlah setiap 2 bulan sekali atau bila kilometer sudah 2000 KM perjalanan. Namun jika anda merasa bahwa sepeda motor Mas Bro tidak terasa nyaman seperti biasa, maka lakukan lah tune-up ke bengkel resmi.

3. Penggantian Oli Mesin

Standard kekentalan oli mesin yang dipakai kendaraan adalah SAE (Society of Automotive Engineer). Namun, kebanyakan oli mesin yang dijual sudah memenuhi standard untuk iklim di Indonesia. Jadi Mas Bro sudah tidak perlu khawatir mendapatkan standard oli yang salah untuk motor. Yang perlu diperhatikan adalah kapan saat mengganti oli mesin yang tepat.Hal ini biasanya sudah disertakan keterangan pada bungkus / botol oli yang Mas Bro beli. Mengganti oli mesin melebihi batas kilometer pemakaian bisa berakibat tidak baik bagi jeroan mesin motor. Oli mesin yang telah melewati batas akan mengencer dan tidak sesuai lagi kekentalannya serta mengandung bubuk gram / serpihan akibat komponen yang bergesekan. Maka gantilah oli setiap kilometer menunjukan 2000 KM perjalanan atau pada saat Mas Bro melakuan perawatan berkala.

Gunakan oli mesin sesuai spesifikasi mesin motor Mas Bro..

Tips: Untuk motor matik ada dua jenis oli yang dipakai yaitu Oli Mesin (SAE 20W-40 / 50) dan Oli Gearbox / Transmisi, khusus oli Gearbox diganti setiap maksimal 3 kali ganti oli mesin = 1 kali ganti Oli Gerabox/Transmisi.

4. Ganti Filter Oli Mesin

Agar cairan oli / pelumas tetap bersih, maka ada part filter oli di motor 4 tak. Urusan ganti part tersebut agak lama, tapi tetap jangan lupa diganti. Kotoran di oli akan tersaring dan menempel pada filter tersebut. Ada juga yang jatuh di dalam rumah filter olinya. Ada 2 hal yang perlu diperhatikan, kalau ingin melakukan ganti filter oli. Pertama dan paling pasti adalah soal umur pakai dari part tersebut. Enggak harus tiap ganti oli, diwajibkan ganti filter udara. Biasanya mekanik akan menyarankan ganti filter udara, setelah konsumen melakukan 3 kali ganti oli.

Kotoran / gram didalam mesin akan tersaring oleh Filter Oli
Atau juga bisa lebih cepat dari apa yang biasa disarankan mekanik. Tapi jangan terlalu cepat juga, 2 kali ganti oli juga bisa disertakan mengganti filter oli. Hal lain yang kudu dapat perhatian seputar filter oli. Pada saat penggantian oli dan konsumen mengubah merek dari oli / pelumas yang biasanya dipakai, maka wajib melakukan ganti filter / saringan oli.

5. Pemakaian motor

Jangan menggeber-gember gas motor Mas Bro atau melakukan tarikan gas spontan. Hal ini akan mempercepat keausan pada rantai mesin, klep bahan bakar, kopling, piston dan stang piston. Terutama jika motor Mas Bro memakai teknologi mesin 4 Tak. Mesin 4 Tak lebih rumit pada sistem bahan bakarnya,dan inilah yang sering bermasalah. Jika motor Mas Bro memakai gigi / kopling manual, pergunakan pemakaian gigi sesuai dengan kecepatan motor. Jika jalanan menanjak, motor butuh tenaga / torsi lebih besar maka kurangi gigi dengan yang lebih sesuai. Jika motor baru start berjalan jangan langsung menggunakan gigi 4, tapi mulailah dari gigi 1. Hal ini berpengaruh pada keawetan komponen stang piston, piston, kopling dan rantai mesin (4 Tak).

Tips : Terapkan Tradisi pemanasan mesin motor terlebih dulu sebelum dipakai, jika motor telah nganggur selama 8 Jam atau lebih. Motor yang telah lama didiamkan maka oli mesin akan turun kembali dari bagian / celah sempit dan mengumpul kembali di bak oli. Pemanasan mesin ini agar oli kembali lagi mengaliri kedalam bagian-bagian mesin yang perlu dilumasi. Terutama untuk jenis mesin motor 4 Tak, karena jenis mesin ini hanya mengandalkan oli mesin saja untuk pelumasannya.

Catatan: Memanaskan mesin jangan terlalu lama, cukup 3 sampai 5 menit saja. Hal ini tidak baik buat mesin yang berpendingin udara. Karena jika mesin hidup lama dan motor tidak berjalan, maka mesin tidak akan mendapat pendinginan yang baik, malah akan membuat mesin over heat / kepanasan.

6. Kebersihan

Biar rangka / chasis motor Mas Bro lebih awet dan tidak keropos, rajinlah mencuci motor Mas Bro agar tidak cepat berkarat, keropos dan menjaga keawetan cat motor Mas Bro sekalian. Apalagi jika habis dipakai main hujan-hujanan dan banjir. 

Rangka berkarat karena air hujan, lumpur dan tanah yang menempel lama..
Dengan melaksanakan beberapa tips diatas, semoga motor Mas Bro bisa menjadi lebih awet dan tetap prima. Dan yang terpenting, harga jual kembali akan tetap tinggi jika ingin ganti motor yang baru.

Demikian tips perawatan harian sepeda motor, semoga bermanfaat..Keep Safety Riding & Be a Smart Bikers..Ciiiaaooo...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar